Chelsea FC

Selasa, 05 Februari 2013

Sop Buntut





Unknown | 04.28 | 0 Comments




Sop Buntut

Let's try cooking it at home!

Siapa yang tidak kenal kelezatan Sop Buntut? Ya, makanan yang dalam versi internasional dikenal dengan nama Oxtail Beef Soup ini kini telah menjadi bagian dari kekayaan kuliner Indonesia.

Soal rasa, kelezatan sop buntut memang tidak perlu diragukan. Namun demikian, rata-rata harga sop buntut di pasaran masih tergolong mahal. Sebagai perbandingan, di kota tempat saya tinggal, yaitu Jember, Jawa Timur, harga seporsi sop buntut plus nasi termurah adalah Rp. 22.000. Makin enak & banyak, tentunya lebih mahal lagi dong :)

Nah, bagi penggemar sop buntut sapi, mengapa tidak mencoba membuatnya sendiri di rumah? Selain bisa lebih puas cicip-cicipnya, biayanya juga lebih murah. Nah, di sini saya ingin membagi resep sop buntut ala ibu saya. Dijamin mudah & enak, sebab ibu saya adalah tipe 'cemplung-cemplung' alias pemasak yang maunya nggak ribet namun hasilnya mantap! Artinya, jika beliau bisa, pasti Anda juga bisa.

Selamat mencoba :)

Bahan-bahan

Bahan utama
1 kg buntut sapi
3 liter air
250 gr wortel, potong-potong
250 gr kentang, potong-potong
3 butir tomat, potong besar-besar
3 batang seledri

Bumbu-bumbu
6 siung bawang putih, cincang halus
Merica bubuk secukupnya
Garam & penyedap rasa sesuai selera

Langkah Memasak

1. Masak 1.5 liter air dalam panci besar hingga mendidih. Setelah air benar-benar mendidih, masukkan buntut sapi. Rebus hingga air mendidih kembali dan porsi air dalam panci berkurang hingga tinggal 3/4nya.

2. Buang air tersebut, lalu masukkan 1.5 liter air mendidih sisanya. Rebus buntut sampai empuk. Gunakan api sedang.

3. Sambil menunggu buntut empuk, potong-potong wortel dan kentang dengan ukuran besar, kira-kira sepanjang jempol orang dewasa.

4. Tumis bawang putih cincang hingga halus.

5. Setelah buntut empuk, masukkan wortel dan kentang, rebus hingga empuk. Lalu campurkan bumbu bawang putih, merica bubuk, garam & penyedap rasa secukupnya. Jika aroma sup mulai berkurang ketajamannya, masukkan seledri dan tomat. Masak hingga kira-kira 10 menit lebih lama. Angkat dan sajikan.

Tips anti gagal

sop buntut indonesia1. Ketika merebus buntut sapi, jaga agar air rebusan jangan sampai habis. Jika air rebusan sudah jauh berkurang sementara buntut sapi belum empuk, segera tambahkan air mendidih secukupnya. Kenapa sebaiknya air yang ditambahkan sudah berupa air mendidih? Tidak lain agar temperatur rebusan tetap konstan sehingga menjaga tingkat keempukan buntut tetap merata.

2. Beberapa orang mengeluhkan bahwa kendala memasak sup buntut adalah baunya. Sup seringkali masih berbau amis. Bagaimana solusinya? Sangat sederhana. Kunci agar sup tidak amis adalah : cuci bersih buntut sebelum direbus, dan saat pada proses perebusan, masukkan buntut ke dalam panci rebusan hanya ketika air sudah benar-benar mendidih. Dan jika perlu menambahkan air, tambahkan air yang juga sudah mendidih. Dengan patuh pada pakem ini, dijamin sup buntut bikinan Anda tidak akan berbau amis.

3. Bagaimana cara mengetahui bahwa buntut sapinya sudah empuk atau belum? Mudah sekali. Biasanya, buntut dijual dalam untaian panjang yang dipotong-potong namun tidak sampai putus. Nah, ketika saat merebus, potongan ruas-ruas buntut yang semula menyatu ternyata sudah terpisah (kayak bercerai gitu deh), itu artinya buntut sapi sudah mulai empuk. Cara lain? Dicobain saja dagingnya sudah empuk atau belum. After all, inilah salah satu nikmatnya memasak. Eksperimen sekaligus memuaskan dahaga kuliner. :D

4. Potongan wortel dan kentang untuk pelengkap isi supnya WAJIB berukuran besar. Kenapa?Agar tidak mudah hancur saat sup dipanaskan ulang. Karena proses memasak sup buntut itu memakan waktu, maka tentunya lebih praktis jika langsung memasak dalam jumlah banyak. Selain itu, ukuran potongan yang besar juga membuat proporsi elemen isi sup (buntut sapi, wortel, dan kentang) menjadi lebih seimbang dan cantik saat disajikan.

5. Jika Anda tidak terlalu suka rasa dan tampilan kuah sup yang berlemak, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk menyaring kaldu kuah sup.
Sop Buntut 


By Unknown
A Short Description about youself







Stay Connected With Us
Feed Icon Twitter Icon Facebook Icon Google+ Icon Youtube Icon


Share and Spread Share On Facebook +1 This Post Digg This Post Stumble This Post Tweet This Post Tweet This Post Tweet This Post Save Tis Post To Delicious Share On Reddit Bookmark On Technorati


Related Articles

JOIN THE DISCUSSION

Any feedback, questions or ideas are always welcome. In case you are posting Code ,then first escape it using Postify and then paste it in the comments

0 komentar: